Fakta Douwes Dekker Indische Parti Memperjuangkan Indonesia

Dekker Indische Parti

Dilahirkan sebagai keturunan belanda douwes dekker indische partij melawan bangsanya sendiri untuk membela rakyat pribumi yang tertindas.

Salah satu tokoh pejuang kemerdekaan yang tidak boleh dilupakan adalah douwes dekker indische \partij yang mengerahkan segenap pikirannya. Namanya yang terdengar seperti orang asing memang melukiskan kisahnya sebagai sosok pahlawan yang merupakan keturunan Belanda.

Fakta Menarik Mengenai Douwes Dekker 

Meskipun terlahir sebagai keturunan belanda, namun faktanya ia mencintai tanah kelahirannya melebihi penduduk pribumi. Bahkan sangat aktif dalam menentang kesewenang-wenangan terhadap kaum pribumi.

Beberapa fakta menarik mengenai douwes dekker indische partij adalah sebagai berikut:

Biografi Singkat Douwes Dekker Indische Partij

Memiliki seorang ayah yang berasal dari belanda bernama auguste douwes dekker, yang berprofesi menjadi bankir. Ibunya sendiri adalah seorang keturunan indo belanda sehingga sosoknya terlihat seperti orang murni bule.

Sosok pejuang yang satu ini menamatkan pendidikan dasarnya di europeesche lagere school batavia yang merupakan sekolah khusus untuk keturunan kulit putih kala itu. Namun karena sang ayah kerap berpindah tugas, sekolahnya juga ikut berpindah-pindah.

Setelah menamatkan pendidikannya, kemudian bekerja pada sebuah perkebunan kopi yang cukup besar di daerah malang. Di tempat kerjanya yang pertama inilah dd menyaksikan kekejaman kaumnya dalam menindas penduduk pribumi.

Dalam melakukan pekerjaannya, bukannya ikut menindas malah sering membela pekerja pribumi. Hal ini membuatnya sering terlibat pertengkaran dengan rekan-rekannya sendiri yang imbasnya membuatnya dipecat.                                            

Mendirikan Indische Partij Potret

Setelah tidak lagi bekerja akibat dipecat, dd lalu bergabung ke afrika selatan dalam rangka perang boer II melawan Inggris. Namun, disana malah tertangkap dan sempat melalui hidup dalam penjara.

Setelah itu dipulangkan, akhirnya berhasil membentuk partainya sendiri yang diberi nama Indische Partij. Dari sinilah yang kemudian menjadi sarana untuk menentang pemerintahanan penjajah kala itu untuk mendapatkan kemerdekaan.

Indische partij juga secara terus menerus menyadarkan masyarakat indonesia mengenai ancaman dari eksploitasi kolonial. Seluruh lapisan masyarakat diterima untuk bergabung dan menyumbangkan aspirasinya melalui partai ini.

Semakin hari makin banyak masyarakat Indonesia yang sadar dan mulai mendukung usah dan upaya partai yang didirikan ss ini. Bahkan berkat perjuangannya yang berusaha membentuk partai inilah yang mengantarkan pertemuannya dengan tjipto mangunkusumo.

Sukarno Memberi Nama Baru 

Diketahui bahwa setelah pulang dari pembuangan, douwes dekker indische partij masih tetap melanjutkan perjuangannya. Namun, ia berjuang melalui proses mencerdeskan rakyat pribumi dengan mendirikan sekolah untuk kaum pribumi.

Sempat ditangkap dan diasingkan ke suriname dengan penderitaan yang tidak tertanggungkan tidak menyurutkan perjuangannya. Melewati banyak perjuangan, akhirnya berhasil kembali ke tanah air dengan menggunakan nama palsu.

Padahal kala itu sosok pahlawan ini dikembalikan ke negeri belanda, namun merasa bukan tanah airnya membuat ss bertekad kembali ke Hindia belanda. Tidak heran kalau akhirnya dapat kembali meskipun dengan nama yang disamarkan. 

Setelah sampai di indonesia, Presiden soekarno memberikan nama baru sebagai danudirja setiabudi. Bukan tanpa alasan kenapa nama ini diipilih, yaitu agar inisial dd nya dapat digunakan kembali. 

Kesimpulan

Berkat perjuangan yang tidak sedikit, akhirnya kemerdekaan ri berhadil diraih pada waktu itu. Bahkan, dalam pemerintahan indonesia yang baru merdeka tersebut, danudirja Setiabudi juga pernah menjabat sebagai menteri negara era kabinet sjahrir III. Selain itu juga menjadi utusan untuk berunding mewakili RI saat berdiskusi dengan belanda. Setelah melewati banyak usaha, penderitaan dan rintangan untuk membebaskan rakyat pribumi douwes dekker indische partij menghembuskan nafas terakhir pada 28 Agustus 1950.

Wesley Miller http://osteoready.com

Salam, saya Wesley Miller, penulis berita terkini yang selalu siap menyajikan informasi terbaru dengan gaya penulisan yang menarik dan singkat. Sejak beberapa tahun lalu, saya telah menyelami dunia jurnalisme dengan semangat yang membara.

You May Also Like

More From Author