Pengertian Perguruan Tinggi, Jenis Dan Cara Masuknya

Perguruan Tinggi - osteoready.com

Sudah tahu apa itu perguruan tinggi? Inilah penjelasan lengkapnya dan panduan bagaimana cara masuknya.

Apa yang dilakukan setelah menyelesaikan pendidikan sekolah? Banyak peserta didik yang kemudian memilih bekerja atau melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Memenganya apa itu perguruan tinggi dan bedanya dengan jenjang pendidikan sebelumnya?

Memahami Pengertian Perguruan Tinggi

Apabila melihat pengertian secara harfiah, perguruan tinggi berarti lembaga pendidikan yang posisinya di atas pendidikan menengah. Dalam jenjang pendidikan ini, terbagi dalam beberapa kategori tergantung gelar yang didapatkan.

Program pertama yang bisa dimasuki adalah sarjana, ketika sudah lulus, maka boleh melanjutkan ke jenjang magister. Lalu setelah menyelesaikan gelar magister, peserta didik boleh melanjutkan ke jenjang selanjutnya yakni doktoral.

Ada pula program lain yang tersedia, misalnya program profesi untuk mengejar skill di bidang tertentu, program spesialis, hingga program diploma. Di Indonesia perguruan tinggi terbagi dalam perguruan tinggi yang dikelola oleh pemerintah atau negeri, serta perguruan tinggi yang dikelola swasta.

Jenis

Setelah tahu apa itu perguruan tinggi, ada baiknya juga tahu jenis dari perguruan tinggi yang hadir dan ada di Indonesia, diantaranya:

Akademik

Jenjang akademik biasanya memberikan program pendidikan untuk meraih gelar sarjana, magister, serta doktoral. Dalam lini bidang ini, peserta didik akan diajari penguasaan konsep hingga penguasan ilmu. Dengan begitu, mereka bisa memiliki keahlian di program studi yang sebelumnya sudah dipilih.

Vokasi

Berikutnya adalah program vokasi, yakni program yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Peserta didik akan dilatih dengan skill yang baik, sehingga setelah menyelesaikan pendidikan, mereka bisa siap dan langsung kerja.

Profesi

Ada pula jenis program profesi, biasanya merupakan jenjang pendidikan tinggi dimana peserta didik belajar untuk spesialisi tertentu. Ada banyak kampus profesi di Indonesia, mulai dari profesi perawat, dokter gigi, hingga pengacara.

Tujuan

Kehadiran perguruan tinggi di Indonesia bukan tanpa alasan. Selain sebagai media belajar, lembaga ini juga bertujuan untuk menyiapkan peserta didik untuk punya kemampuan akademik. Dengan begitu, penerapan kemampuan akademik yang dimiliki bisa membuat Indonesia makin berkembang.

Selain itu, lembaga ini juga menjadi tempat untuk memproleh ilmu serta wawasan guna menghadapi perkembangan pasar. Gelar yang didapatkan di perguruan tinggi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari pekeraan.

Cara Masuk

Memahami apa itu perguruan tinggi tak akan lengkap tanpa membahas bagaimana cara masuknya. Secara umum terdapat tiga jalur masuk yang bisa digunakan untuk menjadi peserta didik di lembaga ini.

Pertama bisa menggunakan seleksi berdasarkan prestasi dan nilai raport, apabila tidak lolos di tahap ini, peserta didik bisa mengikuti tes selanjutnya. Tes berikutnya adalah seleksi berdasarkan tes yang akan dikelola oleh pemerintah.

Apabila peserta didik tak bisa lolos mengikuti tes tersebut, maka mereka bisa mengikuti tes mandiri yang dikelola langsung oleh lembaga perguruan tinggi. Setelah menyelesaikan pendaftaran, peserta didik bisa mengikuti kelas perkuliahan yang disediakan.

Agar memiliki peluang yang besar untuk masuk dan menjadi mahasiswa di lembaga perguruan tinggi, ada tips masuk yang bisa dipilih. Diantaranya memilih jalur seleksi yang tepat, dengan begitu kemungkinan peserta didik diterima jauh lebih besar.

Kesimpulan

Jangan lupa untuk mengenali minat dan kompetensi diri, dengan begitu peserta didik bisa mengembangkan minat serta bakatnya dengan baik. Setelah diterima, jangan lupa belajar yang rajin, sehingga nilai yang didapatkan memuaskan.

Wesley Miller http://osteoready.com

Salam, saya Wesley Miller, penulis berita terkini yang selalu siap menyajikan informasi terbaru dengan gaya penulisan yang menarik dan singkat. Sejak beberapa tahun lalu, saya telah menyelami dunia jurnalisme dengan semangat yang membara.

You May Also Like

More From Author