Apa Itu Trust Issue? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Apa-Itu-Trust-Issue

Tak mempunyai kepercayaan terhadap orang lain? Bukan, itu bukan sekedar introvert, tetapi trust issue.Tahukah apa itu trust issue? Ikuti artikel ini.

Mungkinkah termasuk penyakit? Ataukah hanya sekedar permainan perasaan saja? Yuk cek pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Trust Issue: Ini Penjelasannya

apa-itu-trust-issue

Apa itu trust issue? Begitu kira-kira pertanyaan dari sebagian besar orang. Singkatnya trust issue adalah sifat seseorang yang sulit memberikan rasa kepercayaan pada orang lain. Keadaan ini bisa muncul karena beberapa perkara dan menjurus ke beberapa aspek.

Misalnya percintaan, persahabatan, family, hingga worked. Seseorang yang mengidap kecenderungan ini, biasanya tidak akan langsung mempercayai ucapan seseorang, bahkan selalu merasa curiga setiap saat.

Inilah mengapa seseorang yang memiliki sikap ini sering merasakan tidak nyaman saat melakukan interaksi bersama orang lain. Bahkan, sangking takutnya ditipu lagi, orang-orang trust-issue merasa senang juga tenang bersama kesendiriannya.

Penyebab Trust Issue

Mengenali pengertian dari apa itu trust issue saja tidak cukup untuk menjadi informasi yang akurat. Oleh sebabnya, berikut akan dijelaskan beberapa penyebabnya. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Broken Home

Penyebab yang pertama adalah broken home. Bisa jadi, orang dengan trust-issue mendapatkan dorongan untuk tidak dapat mempercayai lagi orang lain karena keluarganya sering melakukan konflik.
Bahkan, ada juga beberapa yang mengalami kekerasan secara fisik maupun mental, sehingga membuatnya menjadi waspada terhadap orang sekitar. Penyebab pertama ini sangat banyak terjadi di berbagai kalangan.

  • Pengaruh Eksternal

Selain pengaruh internal, penyebab kedua juga dari lingkungan sosial ataupun dunia luar. Ketika seseorang sering mengalami penolakan bahkan dibully, maka dampaknya adalah kehilangan kepercayaan.
Orang-orang yang menjadi korban dapat merasakan kurang nyaman ketika berada di luar rumah. Sehingga sulit terbangun interaksi sosial.

  • Mengalami Pengalaman Buruk

Pengalaman buruk seperti kebohongan dan penghianatan juga menjadi faktor terbesar yang mendorong trust-issue. Pengalaman ini akan membuat orang mempunyai level kewaspadaan yang tinggi.
Korban dapat bersikap seolah semua orang yang ada di dekatnya atau ingin mendekatinya hanya bertujuan memberikan rasa sakit. Sebab, kepercayaan telah hilang hingga membuatnya berjaga serta bersiaga guna menghindari rasa sakit kedua kalinya.

  • Gangguan Mental

Penyebab yang terakhir karena gejala dari gangguan mental. Tidak sepenuhnya, akan tetapi masalah seperti ini bisa saja muncul tiba-tiba. Ada sejumlah keadaan yang mampu mendorong seseorang menderita trust-issue, yakni cemas berlebihan, trauma, hingga depresi.

Cara Mengatasi Trust Issue

Hidup penuh bayang-bayang kekhawatiran serta rasa takut memang bukan perkara gampang. Butuh tips untuk mengatasinya. Adapun berikut adalah 3 tips mengatasi trust-issue.

  1. Memupuk Kepercayaan Pada Diri Sendiri

Sebelum memutuskan untuk menaruh kepercayaan pada orang lain, perlu untuk memupuk kepercayaan pada diri sendiri. Pada dasarnya, orang dengan trust-issue wajib berusaha memupuk kepercayaannya lagi kepada diri sendiri.

  1. Menjaga Komunikasi

Komunikasi itu penting. Banyak yang merasakan kekurangan komunikasi dapat memicu hilangnya kepercayaan diri. Jangan pernah memendam semuanya sendiri, ada baiknya jika diungkapkan sedikit demi sedikit.

Kalaupun orang lain tidak mampu percaya dan memahami, maka itu urusan mereka. Setidaknya hati bisa merasa lebih lega.

  1. Konsultasi dengan Ahli

Cara yang terakhir ialah konsultasi bersama para ahli seperti psikolog ataupun psikiater. Ini adalah cara terbaik yang bisa dipilih demi mendapatkan solusi yang terbaik juga.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang apa itu trust issue, kesimpulannya ialah keadaan tersebut mampu mempengaruhi mental. Ketika kecenderungan tidak percaya terus dipupuk, maka akibatnya seseorang bisa mengalami ketidakberdayaan interaksi sosial

    Related posts